BLUD SPAM Musi Rawas Siap Atasi Persoalan Air Bersih

MUSI RAWAS SUMATERA SELATAN

Databicara.net, Musirawas – Upaya mendukung program Bupati Musi Rawas, Ir. Hj. Ratna Machmud M.M, yang Maju, Mandiri dan Bermartabat (Mantab), BLUD UPT SPAM Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan, siap melayani kebutuhan Masyarakat untuk mendapati air bersih. Selasa, (11/10/2022). 


Diruang kerjanya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Tata Ruang dan Pengairan (PU-CKTRP), H. Okta Viano, ST, M.Si, didampingi Kepala BLUD UPT SPAM, Asfrino, ST. Menjelaskan bahwa Hingga saat ini pihaknya telah melayani 13.273 pelanggan Sambungan Rumah (SR) dengan 15 IKK yang mencakupi dalam 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Musirawas, Menurutnya, Sumber air baku untuk proses pengelolaan air bersumber dari Sungai atau Sumur Bor yang berada dalam kabupaten Musi Rawas Per September 2022.


“Air yang diolah lebih dari 1.565.485 (M3) melalui Water Treatment Plant (WTP) yang merupakan bangunan utama dan proses utama dalam pengolaan air bersih, Karena Air bersih sangat dibutuhkan oleh setiap manusia untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, belum tentu, Sumber air yang ada disetiap wilayahnya mencukupi kebutuhan masyarakat diwilayah itu”. ungkapnya. 


Dijelaskan, Okta, sapaan akrabnya, Sumber air baku bersumber dari mata air permukaan yaitu Sungai, Danau dan Mata Air, bahkan sebagian masyarakat di Kabupaten Musi Rawas tidak berada didekat dengan sumber air tersebut, Terkadang mereka harus menempuh perjalanan jauh untuk mendapatkan air bersih. 


Diakuinya, Untuk menuju pelayanan prima BLUD UPT SPAM terus berbenah baik dalam Pelayanan kepada masyarakat maupun Menyangkut kerusakan teknis yang terjadi dalam proses pendistribusian air, Pihaknya terus berusaha semaksimal mungkin untuk memperbaiki tanpa mengganggu proses pendistribusian, seperti contoh, Jika terjadi kebocoran Pipa dilapangan selain dilakukan peninjauan langsung pihaknya juga menerima laporan dari masyarakat. 


“Pada proses ini terdapat lima tahapan yaitu Koagulasi, Flokulasi, Sedimentasi, Filtrasi dan Desinfeksi WTP (Water Treatment Plant) atau bisa juga disebut IPA (instalasi pengolahan air) adalah sarana yang berfungsi untuk mengolah air dari kualitas air baku (Influent) terkontaminasi untuk mendapatkan perawatan kualitas air yang diinginkan sesuai standar mutu atau siap untuk di konsumsi”.jelasnya. 


Dalam hal pembayaran BLUD UPT SPAM sedang dalam proses pengembangan sistem pembayaran menuju sistem pembayaran online. Untuk mencapai Misi pembayaran online kami sedang merencanakanan kerja sama dengan PT. POS Indonesia dan Bank Sumsel Babel, Semoga tahun depan dapat terlaksana dengan baik”. tutupnya. (Ebied S). 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *