DD Cair, Kades Se Musirawas Bimtek Ke Bandung

MUSI RAWAS

Databicara.net, MUSI RAWAS – Sebanyak tujuh Kecamatan Kepala Desa Se- Kabupaten Musi Rawas dengan menggunakan Dana Desa (DD) TA 2021 berangkat ke Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, bahkan  bukan hanya Kepala Desa saja namun ketua BUMDes pun ikut serta berangkat menuju Kota Bandung dengan menggunakan Dana Desa Tahap II dan tahap III yang baru saja dicairkan sekira dua minggu yang lalu. senin (18/10).


Kepàla Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Musi Rawas, Achmadi Zulkarnain, saat dikonfirmasi diruangannya membenarkan adanya keberangkat para kepala desa dan ketua bumdes di Kabupaten Musi Rawas setelah pencairan dana desa tahap dua dan tiga yang baru saja dicairkan kurang lebih dua minggu yang lalu.


“Benar untuk gelombang pertama ini ada tujuh kecamatan kepala Desa yang berangkat ke Kota Bandung yakni Kecamatan Terawas, selangit, megang sakti,tuah negeri, Sumberharta, Muara Beliti,TPK .untuk mengikuti pelatihan atau bimbingan teknis pengembangan usaha ekonomi produktif dan tata kelola keuangan  Bum des agar Bumdes di Kabupaten Musi Rawas dapat lebih maju lagi,” jelasnya.


Ia juga mengatakan bahwa rencananya nanti ada gelombang ke dua kepala dinas yang akan berangkat kebandung setelah gelombang pertama ini pulang dan kemungkinan mereka berangkat kurang lebih 15 harian pulang pergi .


“Untuk gelombang ke dua nunggu gelombang pertama pulang dulu karena lumayan lama perjalanan aja naik BIS sudah tiga harian berangkat saja belum baleknya jadi paling lama 15 harian,” ungkapnya.


Saat disentu pertanyaan terkait berap anggaran yang digelontarkan untuk kegiatan ke Kota Bandung, Ahmadi, mengatakan bahwa dirinya tak mengetahui berapa anggarannnya sebab yang menentukannya langsung kepala desa itu sendiri melalui musyawarah mereka ke pihak ke tiga atau event organizing (EO) yang dipercaya mereka.


“Kalau keberangkat dan penggunaan anggaran menggunakan anggaran apa  saya mengetahui tapi kalau untuk nilai besaran berapa per desa memakai EO saya tidàk tau karena itu melalu musyawarah mereka sendiri,” tegasnya.


Yang jelas dirinya berharap keberangkatan bimtek kepala desa dan ketua Bumdes ini setelah pulang nanti bisa membuat perubahan di Kabupaten Musi Rawas tentang penggunaan dana desa dalam untuk bumdes dan bumdes benar benar bermanfaat.


“Saya berharap hasil keberangkatan mereka bisa di implementasikan di desa masing masing sehingga bumdes yang ada di desa bisà lebih maju lagi dengan pengalaman bimtek ini yang didapat dari Kota Bandung,”tutupnya. (Joni). 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *