Proyek Kementerian PU Sumsel Diduga Sengaja Kelabuhi Publik

MUSI RAWAS NASIONAL SUMATERA SELATAN

Databicara.net, Musirawas – Proyek Preservasi Jalan Dan Jembatan Ruas Terawas – Lubuklinggau – Muara Beliti – Bts Kabupaten Musirawas dan Lubuklinggau – Bts Provinsi Bengkulu, yang dikerjakan oleh PT Irhamna Manggala Pratama dengan alamat Jalan Letda A Roza Komplek Ruko Taman Harapan Indah, Blok B-9 RT 014 RW 004, Kelurahan Duku Kecamatan Ilir Timur Tiga, Palembang (Kota) Sumatera Selatan. Dengan pagu anggaran nyaris 20 milyar, Diduga proyek siluman hingga terkesan sengaja membohongi publik. Kamis, (22/09/2022). 

Pasalnya, dilokasi kegiatan tidak terlihat adanya papan informasi proyek, Alhasil, tidak jelas baik pihak pelaksana kegiatan maupun anggaran berapa serta kapan proyek tersebut dimulai dan selesainya. 

Sementara kondisi proyek, Diperkirakan sudah berkisar 80 hingga 90 persen Diduga dalam pekerjaaan proyek tersebut terdapat kejanggalan antara nilai proyek serta kenyataan dilapangan, Dikhawatirkan, Dalam pengerjaan proyek tersebut disinyalir sarat dengan penyelewengan. 

Salah satu pekerja drainase di proyek tersebut mengatakan, bahwa dirinya tidak tahu siapa yang punya proyek dan berapa besar anggarannya, “Saya tidak tahu siapa yang punya proyek ini, Apalagi anggarannya Pak, kami pekerja harian saja, dari Merasi Pak (Kecamatan Tugumulyo)”. ujarnya sembari bekerja. 

Padahal, Dalam amanah Undang-Undang (UU) Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, tertera jelas setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai oleh Negara wajib memasang papan nama proyek. 

Diharapkan, kepada aparat penegak hukum serta instansi terkait untuk menindaklanjuti permasalahan proyek yang tidak disertai papan nama proyek hingga terkesan tak jelas, Agar tidak timbul kejadian serupa di tempat lain dikemudian hari.

Sementara itu, Pihak Kementerian Pekerjaan Umum, Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional V, wilayah Provinsi Sumatera Selatan, melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Amrian, melalui WhatsApp nya menuliskan bahwa kegiatan tersebut dikerjakan oleh pihak “PT. Irhamna” Menurutnya, untuk lebih detail terkait proyek tersebut akan diinformasikan kembali. 

Sementara itu, belum ada pihak pelaksana kegiatan tersebut  dapat ditemui, Hingga berita ditayangkan. (Ebied S). 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *