Sekda Pimpin Apel Siaga Karhutla

NASIONAL SUMATERA SELATAN

DATABICARA.NET, EMPAT LAWANG- Sekrertaris Daerah (Sekda) Empat Lawang Fauzan Khoiri Denin pimpin apel gelar Pasukan Siaga Karhutla di lapangan Pemkab Empat Lawang. Apel tersebut juga dihadiri Wakapolres Empat Lawang, Perwira Penghujung Kodim 0405 Lahat, Perwakilan Kejari Empat Lawang, dan sejumlah kepala OPD Empat Lawang.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Empat Lawang menyampaikan, sejauh ini belum ditemukan titik api di Empat Lawang yang menjadi perhatian khusus. Titik apinya masih dalam normal dan bukan titik api yang sekala besar.

“Kita ada sistem satelit dan belum terkonfirmasi titik api yang atensi menjadi perhatian, masih titik api yang normal tidak dalam yang besar. Sampai saat ini titik api belum terkonfirmasi oleh pihak Manggala,” ungkap Sekda, Kamis (2/02/2023).

Untuk daerah rawan karhutla dijelaskan Sekda, hampir diseluruh wilayah empat lawang rawan kahutla, maka dari itu dirinya meminta kepada perusahaan jika ingin melakukan perluasan lahan agar menghindari perluasan lahan dengan cara dibakar.

“Kita harapkan mereka juga sesuai dengan SOP, kepada masyarakat ketika membuang puntung rokok, pastikan rokok tersebut sudah mati dan yang kedua jika hendak meninggalkan rumah pastikan arus listrik dan sumber api lainnya seperti kompor termasuk yang tungku kayu bakar itu sudah benar-benar dalam keadaan mati,” jelasnya.

Dia juga menambahkan, apel siaga kahutla ini merupakan langkah awal dan perintah langsung dari pimpinan dalam hal ini Kapolda dan Gubernur Sumatera Selatan kalau setiap daerah harus melakukan apel siaga kahutla.

“Karen elnino tahun ini kemungkinan lebih panjang dari bulan Maret dan September. Yang sudah jadi barang tentu kemarau yang panjang maka akan timbul dampak kebakaran, ini kita cek dan ricek baik dari Pemda, TNI, Polri dan teman-teman dari perusahaan untuk kesiapsiagaan dan insyaallah semuanya siap,” ujarnya. (Rilis Kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *